Toad Jumping Up and Down

Senin, 26 Oktober 2015

10 makanan khas korea paling lezat

10 Makanan Khas Korea Paling Lezat

Korea tak hanya dikenal karena industri K-Pop dan artis-artis cantiknya, namun di negara ini juga terdapat banyak makanan lezat yang enak untuk dinikmati.  Sama seperti negara-negara Asia lainnya yang terkenal dengan kelezatan masakannya seperti Jepang dan Cina, di Korea Selatan anda juga pasti dimanjakan dengan kelezatan kuliner di negara ini.
Pada artikel kali ini, Top10Indo akan mencoba menyajikan artikel tentang 10 makanan khas Korea Selatan paling enak yang harus anda coba.  Beberapa masakan ini kelezatannya bahkan diakui di seluruh dunia, tak hanya di Asia saja.
Image Credit: Wikimedia Commons
10.  Tteokbokki
Masakan ini adalah kuliner khas Korea Selatan yang bisa anda temukan di jalan-jalan atau dijual saat sedang ada festival.  Bentuknya unik, rasanya pun sangat ringan dan lezat.  Selain itu, Tteokbokki juga menyajikan perpaduan rasa gurih, manis, pedas, dan memiliki aroma yang juga sangat mengundang anda untuk mencicipinya.
Tteokbokki terbuat dari kue beras dan oden (sejenis pasta ikan) dan daun bawang yang dimasak dalam saus khas Korea yang memiliki rasa manis.  Untuk menambah cita rasa, makanan ini biasanya disajikan bersama lada hitam dan kecap asin.
9.  Kepiting Saus Korea
Sejak dahulu, kepiting selalu dikenal sebagai bahan makanan yang mewah.  Makanan laut ini juga menjadi salah satu masakah khas Korea paling lezat yang harus anda coba.  Selain rasanya yang luar bisa nikmat, porsi kepiting ini juga jauh lebih besar daripada yang bisa anda temui di Indonesia.  Makanan ini juga dikenal dengan nama Ganjang Gejang.
Yang membuat masakan ini terasa khas dan berbeda dengan olahan kepiting yang lain adalah rasanya yang sedikit asam dan pahit.  Namun setelah 2-3 gigitan, anda dijamin tidak bisa menikmati masakan yang juga sudah populer sejak zaman kerajaan ini.
8.  Nakji Bokkeum
Sama seperti Ganjang gejang, makanan ini juga merupakan salah satu olahan laut paling populer di Korea Selatan.  Nakji Bokkeum adalah gurita yang digoreng kering dan disajikan bersama tumis sayur-sayuran maupun dimasukkan sebagai topping untuk mie khas Korea.  Selain kaya cita rasa, masakan ini sangat digemari pula oleh turis internasional.
Nakji Bokkeum memiliki sensasi tersendiri di lidah, terutama dari pasta cabe yang digunakan untuk menumis sayur-sayuran serta gurita tersebut.  Harga makanan ini juga relatif terjangkau, berkisar antara 60 ribu hingga 90 ribu rupiah per porsi.
7.  Gogigui
Pasti anda sudah sangat familiar dengan makanan yang disebut dengan barbecue.  Ya, Gogigui adalah barbecue khas Korea Selatan yang biasa disantap pada sore hari bersama teman-teman anda.  Makanan ini tak hanya lezat, namun juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan juga sangat mengenyangkan.  Kombinasi sayuran dan daging dalam masakan ini juga sangat kaya nutrisi.
Sama seperti barbecue, anda juga harus memanggang sendiri Gogigui.  Setelah menentukan jenis daging yang anda pilih, misal 2 piring daging sapi dan 2 piring daging kambing, anda mengolahnya di atas panggangan bersama sayuran seperti selada, kol, dan bawang putih.
6.  Jjajangmyeon
Makanan ini sebenarnya adalah salah satu makanan khas Cina terlezat, namun diadaptasi lagi dengan bumbu-bumbu khas Korea Selatan.  Jjajangmyeon adalah mie yang diatasnya diberi saus kental berwarna coklat kehitaman.  Berbeda dengan kebanyakan masakan Korea lainnya, Jjangmyeon hanya disajikan dengan sedikit, atau bahkan tanpa kuah sama sekali.
Makanan ini juga sangat populer di Korea, bisa diibaratkan seperti Pizza di Eropa.  Hampir semua restoran di Korea memiliki Jjangmyeon di dalam daftar menu mereka.  Karena popularitasnya, anda wajib menikmati kelezatannya jika kelak berwisata ke Korea.
5.  Haejangguk
Korea Selatan sangat terkenal dengan masakan-masakan berkuahnya.  Salah satu dari masakan berkuah yang paling lezat bernama Haejangguk, yang disebut juga sebagai Hangover Stew alias sup yang bisa menghilangkan rasa pusing akibat minum-minuman beralkohol.  Ini karena rasanya yang kuat, dan biasanya selalu disajikan setelah anda mengonsumsi minuman keras.
Rasa Haejangguk sendiri bisa dipastikan membuat anda ketagihan.  Bagaimana tidak, kuahnya saja terbuat dari tulang sapi yang direbus cukup lama.  Di dalamnya terdapat irisan tebal daging sapi, telur rebus, kecambah, dan rempah-rempah khas Korea yang bisa memberi sensasi luar biasa pada lidah anda.
4.  Sundubu Jjigae
Hampir sama seperti Haejangguk, masakan ini juga disajikan dalam bentuk makanan berkuah.  Bedanya, bahan makanan utama dari Sundubu Jjigae ini adalah tahu lunak yang sangat lembut, yang disajikan bersama irisan tipis kubis dan bahan-bahan laut seperti udang, suiran ikan goreng dan cumi-cumi.  Makanan ini juga sangat nikmat disantap bersama sepiring nasi hangat.
Sundubu Jjigae biasanya disantap saat hari hujan atau pada musim dingin, karena memiliki fungsi yang menghangatkan tubuh.  Selain itu, kandungan gizinya juga sangat tinggi, karena di dalamnya terdapat banyak sayuran sekaligus daging-dagingan yang bergizi.
3.  Kimchi
Makanan ini sangat terkenal di Korea Selatan, bahkan sering disebut sebagai makanan nasional negeri Ginseng.  Bagaimana tidak, rasanya yang khas membuat Kimchi hampir selalu bisa ditemukan di setiap hidangan, baik di meja makan sederhana sebuah keluarga, maupun di restoran mewah berbintang lima.  Makanan ini juga sangat murah dan praktis penyajiannya.
Pada dasarnya, Kimchi adalah asinan kubis yang diberi sedikit cabe.  Rasa pedasnya yang khas membuat makanan ini enak dinikmati bersama apapun, bahkan hanya dengan sepiring nasi.  Selain itu, Kimchi juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.
2.  Soondubu
Soondubu adalah tahu khas Korea Selatan yang memiliki cara penyajian yang sedikit berbeda daripada tahu Cina, Jepang, atau Indonesia.  Makanan ini dijual di berbagai lokasi, mulai dari pedagang kaki lima di pinggir jalan hingga di restoran elit.  Walaupun digolongkan sebagai tofu, masakan ini sebenarnya juga dibuat dari campuran daging dan bahan-bahan laut lainnya.
Penyajian Sondubu juga terbilang cukup bervariasi.  Anda bisa menyantapnya sebagai makanan penutup, atau juga bisa menjadikannya sebagai hidangan utama yang disantap bersama nasi.  Rasa saus khas yang dituang di atas Sondubu ini pasti akan sangat memanjakan lidah anda.
1.  Jjukumi
Korea Selatan memang surga bagi para pecinta seafood.  Ya, masyarakat di sini sangat kreatif dalam mengolah berbagai bahan laut menjadi sebuah masakan yang sangat lezat.  Salah satunya adalah jjukumi, yang terbuat dari gurita berukuran kecil yang dimasak dengan api besar dalam rendaman saus gochugang yang sangat lezat.
Saking populernya, di Korea Selatan bahkan ada sebuah lokasi yang diberi nama Jjukumi Street, di mana ada ratusan restoran yang menyajikan masakan ini sebagai menu utama.  Tentu saja, tempat ini wajib dikunjungi jika kelak anda berkesempatan mengunjungi Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar